Rumah Minimalis Itu Bukan Rumah Minim Abis !

Dipublish oleh admin - Terakhir dimodifikasi pada July 3rd, 2018 - Dibaca: 37x

Rumah minimalis saat ini memang jadi tren. Bukan cuma ongkos pembuatan dan perawatannya yang minim, juga karena harga tanah semakin meningkat dan langka. Tapi, sebenarnya rumah minimalis itu apa sih? Kalau kamu termasuk yang berpendapat bahwa rumah minimalis itu rumah yang minim abis, wah kamu perlu pencerahan sedikit nih. Pasalnya, rumah minimalis itu punya pakem atau kriteria tersendiri yang perlu kita pahami.

Rumah minimalis gak melulu berarti imut.

Rumah minimalis biasanya emang suka diplesetin dengan sebutan “rumah minim abis”. Tapi, sebenarnya kata minimalis bukan mengacu pada ukurannya yang kecil. Kata minimalis itu lebih merujuk ke gaya atau konsepnya. Faktanya, banyak rumah besar pun yang bergaya arsitektur minimalis.

Gimana kalau kita artikan aja rumah minimalis itu adalah rumah yang cenderung mengutamakan fungsionalitas tanpa mengurangi kecantikan rumah. Ini bisa tampak  dari minimnya profil dan ornamen, juga penataan yang mengacu pada fungsionalitas. Karakter rumah yang seperti ini biasanya lebih bersih, so pasti ga ribet, dan terlihat lebih cool.

Totalitas dalam berminimalis.

Idealnya sih rumah minimalis bukan cuma terletak pada tampilan eksteriornya semata, melainkan juga pada tampilan interiornya, termasuk perabotan yang digunakan. Tujuan utamanya yakni memaksimalkan fungsi di setiap ruangan.

Ruang berkonsep minimalis gak punya banyak sekat dan dekorasi yang berlebihan. Selain itu, sirkulasi udara dan pencahayaan alami lebih dimaksimalkan. Karakter ruangan yang terdapat pada rumah minimalis lebih kentara, hal tersebut dikarenakan bentuk ruangan yang cenderung geometris dengan absennya pernak-pernik yang dianggap mubazir. Pada akhirnya, karakter minimalis yang tercipta disebabkan oleh keberadaan ruang itu sendiri, bukannya oleh perabotan rumah yang digunakan.

Penggunaan perabot dan furnitur yang tidak terlalu banyak bukan hanya menghilangkan kesan sumpek pada suatu ruangan, tapi juga bisa mempermudah dalam penataan cahaya lampu. Kalau kamu cermat memilih dan menempatkan jenis lampu (lampu gantung, lampu sorot, lampu tanam, dsb), rumahmu bisa terlihat lebih artistik saat malam. Permainan cahaya yang baik sudah pasti akan memberikan tampilan yang lebih cantik dan menarik pada suatu bangunan rumah.

Singkatnya, desain atau konsep rumah minimalis bersifat lebih fungsional, efisien,  dan tampak ringan. Selain itu, rumah modern minimalis bisa dibilang simbol gaya hidup bagi mereka yang tinggal di kota metropolis.

Komentar