Desain Rumah Musim Panas; 5 Cara Mudah dan Murah agar Rumah Tetap Sejuk di Musim Panas

Dipublish oleh admin - Terakhir dimodifikasi pada July 3rd, 2018 - Dibaca: 33x

Sebagai Negara dengan iklim tropis, cuaca di Indonesia mungkin tidak terlalu ekstrem seperti layaknya di Negara-negara dengan 4 musim. Meski begitu, di sini kita juga mengenal musim panas, yang dalam beberapa situasi tentu berpengaruh terhadap gagasan dan konsep interior rumah.

Terutama di kota-kota besar di Indonesia yang terkenal dengan cuaca dan suhu udara panasnya, sebut saja Surabaya, Jakarta, Bali, Samarinda, dan sebagainya, tentu desain rumah harus sesuai dengan iklim dan atau cuaca yang ada. Tidak asing penggunaan berbagai perangkat semacam Air Conditioner atau AC seolah menjadi perangkat default dan wajib di rumah di wilayah tersebut.

Namun sebenarnya, perlu Anda juga ketahui, dalam desain interior, seiring perkembangan gagasan dan konsepnya, terdapat beberapa tips dan trik sederhana untuk menjadikan suasana rumah tetap terasa sejuk dan menyegarkan. Gagasan desain rumah musim panas seperti itu sangat cocok bagi Anda yang suka mendandani atau mendekorasi rumah dengan cara-cara yang simpel atau sederhana.

Berikut beberapa cara mudah dan murah menjadikan rumah makin sejuk dan segar di musim panas tanpa kehilangan gaya dan sentuhan estetikanya. Dilansir dari hindustantimes.com, inilah 5 cara mengubah rumah menjadi lebih sejuk dan segar;

Desain rumah musim panas; Pilihan warna cat cerah

Untuk membuat rumah terlihat lebih sejuk dan segar, pilihan warna cat yang cerah dan terang diklaim para desainer sebagai cara paling mudah dan murah. Selain pilihan warna, Anda juga bisa membuat cerah suasana dan atmosfer ruangan di rumah dengan menggunakan lampu-lampu geometris dan bermain dengan pencahayaan dalam bentuk lampu fokus.

Desain rumah musin panas; Aksentuasi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), aksentuasi memiliki arti memberi penekanan; pengutamaan. Dalam hubungannya dengan interior rumah, penekanan bisa berarti menciptakan sesuatu untuk menegaskan kembali berbagai tema.

Untuk tema musim panas, desainer menyarankan untuk memilih aksen bertema bunga dengan penggunaan cermin bermotif geometris minimalis. Atau Anda juga dapat menggunakan rak dinding berwarna-warni sebagai aksesori fungsional. Hal ini sangat penting untuk memberi “penekanan” pada interior rumah Anda.

Desain rumah musim panas; Another brick on the wall

Wallpaper dapat memastikan dinding terlihat baru. Hal ini juga terbukti hemat biaya. Ada banyak wallpaper yang dirancang kreatif dan sangat estetik untuk berbagai ruangan di rumah. Jangan lupakan juga tambahkan tanaman, kecil atau besar. Tanaman memiliki kemampuan tidak hanya memurnikan udara di dalam ruangan, tetapi juga memberi suasana yang terbuka.

Desain rumah musim panas; Tambahkan tanaman

Seperti telah ditulis sebelumnya, cara terbaik untuk merasa terhubung dengan alam bebas adalah dengan membawanya ke dalam. Menambah tanaman, kecil atau besar, tidak hanya memurnikan udara di dalam ruangan, tetapi juga memberi perasaan yang terbuka. Selalu pilihlah jenis tanaman yang memiliki tingkat pemeliharaan rendah.

Desain rumah musim panas; Blind out the sun

Memblok cahaya matahari langsung masuk ke dalam ruangan menjadi cara untuk membuat ruangan terasa lebih sejuk. Penggunaan gorden dan tirai sangat disarankan untuk dilakukan. Selain itu, penggunaan gorden dan tirai dengan model bervariasi, tidak akan menghilangkan kadar estetika ruangan. Model dan variasi gorden dan tirai juga sangat mudah ditemukan di pasaran.

Dalam desain rumah musim panas, tirai juga dapat digunakan sebagai partisi ruangan besar dengan warna-warni ceria dan menarik. Tirai dan gorden sangat efektif dan ideal untuk memblok cahaya matahari langsung masuk ke dalam ruangan dan membuat ruangan terasa lebih sejuk serta dingin.

Komentar