living room

Dipublish oleh admin - Terakhir dimodifikasi pada June 19th, 2019 - Dibaca: 236x

Living Room

Ruang keluarga (living room) adalah tempat berkumpul dan beraktivitas bersama keluarga. Karena itu, ciptakan living room yang nyaman. Pilihlah perabotan sesuai kegunaan ruangan, mulai dari sofa, bangku, meja kopi, meja samping, lampu duduk, lampu standar, karpet, tirai, hingga aksesori.

Sebelum menata ulang living room, tanyakan dahulu kepada diri sendiri, apa tujuan diciptakannya living room bagi keluarga Anda. Lima poin ini akan membantu Anda menemukan karakter living room sesuai kebutuhan keluarga Anda.

  • Perlukah ada living room? Living room masa kini adalah sebuah ruang duduk keluarga, bukan lagi dianggap ruang penerima tamu.
  • Suasana seperti apa yang diinginkan? Jika Anda atau sebagian keluarga hobi membaca, suasana seperti perpustakaan lebih sesuai. Bila senang bepergian, mungkin suasana ruang duduk ala resor bisa menjadi inspirasi.
  • Seberapa sering Anda bersama keluarga? Jawaban ini akan menentukan berapa banyak jumlah sofa atau kursi yang dibutuhkan. Kebiasaan Anda dan keluarga juga menjadi modal dasar memilih tipe tempat duduk (formal atau informal).
  • Apakah juga dipakai sebagai ruang bermain anak? Bila ya, pilih perabotan yang tidak tajam dan berujung tumpul agar aman.
  • Perlukah perangkat elektronik? Apakah ruang duduk juga sebagai ruang kerja?

Jika sudah tahu karakter living room yang dibutuhkan keluarga Anda, mulailah menata ulang. Perhatikan secara seksama pilihan meja kopi, karpet, tirai jendela, dan pencahayaan atau jenis lampu yang digunakan.

Pencahayaan/Lampu
Cara paling sederhana untuk memberikan efek cahaya simetris pada living room adalah menempatkan lampu meja di satu atau kedua ujung sofa di atas meja sisi atau di belakang sofa di atas meja konsol. Kombinasi satu lampu meja dan satu lampu berdiri/standar menghasilkan distribusi cahaya yang baik pada ruangan. Anda juga bisa menggunakan lampu gantung. Jenis lampu gantung memberikan kesan elegan pada ruangan dan memperkuat dimensi ruang.

Tirai Jendela
Tirai model gorden yang ujungnya digantung pada rel sangat konvensional dan dramatis. Untuk rumah mungil dengan ruang terbatas, gunakan model roller blind karena tampak rapi dan praktis. Cahaya alami yang dapat menembus roller blind, mendatangkan bayangan cantik yang memperkaya jiwa ruangan.

Karpet
Hindari menggunakan karpet yang memenuhi ruangan (wall to wall). Karpet dengan hiasan pinggir/ border akan tampak tradisional. Jika ingin lebih modern, pilih karpet polos atau yang berpola simetris, garis, dan kotak.

Meja Kopi
Standar tinggi meja kopi antara 30 – 50 cm. Makin rendah meja kopi, maka makin terlihat modern. Panjang ideal meja kopi adalah 1/2 – 2/3 dari panjang sofa. Buat jarak penempatan meja kopi sekitar 40 cm dari sofa agar masih terdapat ruang gerak yang cukup untuk kaki. Bentuk meja kopi yang bulat, kotak, atau persegi panjang dengan dilengkapi ruang penyimpan di bawahnya sangat menarik dan fungsional.
http://www.femina.co.id/article/tata-ulang-living-room–yuk-
Kathrin mühlfeld dissertation prize of the faculty https://bachelorschreibenlassen.com/ of medicine dr.

Komentar