Cara Menata Ruangan Rumah Kontrakan Dengan Banyak Orang

Dipublish oleh admin - Terakhir dimodifikasi pada August 3rd, 2018 - Dibaca: 3x

Tips-tips berikut ini sangat berguna terutama bagi para mahasiswa yang baru saja mengontrak sebuah rumah untuk dihuni oleh banyak orang sekaligus. Mengatur rumah yang dihuni banyak orang memang gampang-gampang susah. Anda harus bisa membagi ruangan dengan cermat agar tak sumpek sekaligus tetap menjaga privasi masing-masing penghuni rumah. Tips ini sangat berguna bagi siapapun yang tinggal satu atap dengan banyak orang.

Buat ruang ‘umum’

Yang dimaksud adalah ruang netral di mana semua penghuni rumah bisa berkumpul bersama. Ruangan semacam ini wajib ada dalam rumah kontrakan yang dihuni banyak orang, selain untuk bercengkrama dan bersosialisasi, ruang ini juga bermanfaat untuk tempat istirahat, bekerja, makan, dan sebagainya. Ruang umum adalah kunci harmoni sebuah rumah kontrakan berpenghuni banyak. Untuk furnitur, jangan pilih yang berat-berat atau terlalu berkelas, sebaliknya, pilih saja yang santai.

Buat sekat

Sekat atau pembagi ruangan juga perlu dipasang dalam ruangan yang terlalu lebar untuk dijadikan ruangan umum. Fungsi sekat ini antara lain untuk membuat pembatas yang memungkinkan setiap penghuni bisa bebas melakukan kegiatannya masing-masing tanpa perlu merasa sumpek atau terganggu dengan penghuni lainnya.

Tambahkan ruang penyimpanan

Karena dalam rumah yang dihuni banyak orang barang hilang atau tertukar sering terjadi, maka Anda perlu membuat ruang penyimpanan. Bisa berbentuk almari atau rak tinggi yang membentang di dinding. Ini memberikan detail arsitektural. Rak ini bisa menyimpan buku, majalah, dan benda-benda lainnya.

Manfaatkan tiap sudut

Jika ada sudut ruangan yang tak terpakai, sesempit apapun itu, manfaatkanlah. Optimalkan sudut itu, misal, dengan membuat rak buku yang secara mengejutkan bisa menyimpan banyak buku sekaligus. Dengan cara ini, Anda tak perlu membeli rak buku besar yang menyita tempat.

Buat dapur multifungsi

Penambahan kecil ke dalam dapur, misal sofa, dapat berdampak besar. Dengan cara semacam itu, Anda telah membuat dapur multifungsi. Dapur juga bisa berfungsi sebagai ruang makan, ruang nongkrong dan santai, bahkan ruang istirahat, hanya dengan menghadirkan sofa.

Ciptakan furnitur multiguna

Ada ribuan cara mengakali ruangan sempit, salah satunya membuat satu furnitur multiguna. Contohnya seperti dalam gambar. Ranjang yang nyaman disatukan dengan rak buku serta meja kecil untuk menaruh lampu kamar. Hemat tempat dan nampak elegan.

Meja kerja kecil

Mahasiswa kerap bercengkrama dengan laptop, entah untuk mengerjakan tugas, bersosmed ria, atau main game. Daripada membuat ruangan tampak semrawut karena semua penghuni bermain laptop di segala tempat, maka carilah satu space kosong da nisi dengan meja kecil. Cara ini sangat ringkas dan rapi. Penghuni yang membutuhkan bisa menggunakannya untuk bermain laptop.

Komentar